Home / TIPS DAN TRIK / Yuk pelajari cara bikin plat nomor kendaraan di Samsat

Yuk pelajari cara bikin plat nomor kendaraan di Samsat

Cara bikin plat nomor kendaraan di Samsat. Pada umumnya ganti plat nomor kendaraan baik itu mobil maupun motor setiap 5 tahun sekali. Atau saat melakukan balik nama kendaraan dari wilayah Samsat yang berbeda. Namun bisa saja terjadi ada masalah tertentu sehingga anda sebaiknya bikin kembali palt nomor kendaraan. Meskipun demikian ternyata sebagian masyarakat lebih memilih untuk bikin plat nomor kendaraan asli ( namun palsu ) di pinggir jalan. Meskipun tampak asli namun sebenarnya bikin plat nomor kendaraan di pinggir jalan ini sama sekali tidak dibenarkan. Sehingga jika suatu ketika ada razia resmi dan ketahuan oleh petugas. Maka sangat mungkin anda kena tilang dan mesti mengikuti sidang pelanggaran lalu lintas.

Bisa jadi masih cukup banyak masyarakat yang belum paham tentang cara ganti plat nomor kendaraan yang hilang ataupun rusak. Memang sih yang kita tahu bikin plat nomor kendaraan atau ganti plat nomor kendaraan setiap 5 tahun sekali. Atau saat mutasi kendaraan juga biasanya dapat nomor kendaraan baru. Sehingga lumayan banyak yang membuat plat nomor abal abal dipinggir jalan. Meskipun sekilas tampak asli karena lengkap dengan simbol segala. Ya tentu tetap aja palsu dan sudah jelas melakukan pelanggaran lalu lintas karena kendaraan menggunakan plat palsu. Kena tilang sudah pasti, karena kalau petugas sudah paham betul mana yang asli dan yang palsu. Dengan demikian tentu akan jauh lebih baik untuk bikin plat nomor resmi lagi di Samsat.

Bisa dibilang kendaraan roda dua yang paling sering melakukan pelanggaran perihal plat nomor palsu ini. Penyebabnya bisa bermacam macam. Selain rusak / robek karena sering ditekuk tekuk, bisa juga karena jatuh akibat baut plat nomor kendor. Seperti diketahui bahwa dalam beberapa tahun belakangan ini saat membeli motor baru. Biasanya mendapatkan bonus rumah plat nomor kendaraan yang bahan bakunya plastik. Nah plastik ini tentu mudah kendor atau bisa juga pecah karena tersenggol saat berada di jalan raya. Dari pada kena tilang, kan lebih baik beli plat lagi, karena harganya cukup murah yakni hanya 20 ribuan sepasang. Kebiasaan ( salah ) ini terjadi karena memang ada jasa pembuatan plat nomor di pinggir jalan. Coba bandingkan dengan bikin plat baru di Samsat.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya ada prosedur resmi tentang ganti plat nomor kendaraan sebab rusak atau hilang. Lantas berapa biaya ganti plat nomor kendaraan jika terjadi masalah hilang atau mengalami kerusakan. Menurut petugas resmi Samsat yang berhasil admin hubungi. Bahwa biaya ganti plat nomor akibat rusak atau sebab lain cukup murah dan juga prosedurnya cukup gampang. Untuk saat ini seluruh biaya ganti plat akibat rusak hanya sekitar 60 ribu untuk kendaraan roda dan biaya untuk plat nomor mobil dikenakan biaya di kisaran 100 ribuan. Namun demikian ada persyaratan khusus yakni mesti mendapatkan surat hilang yang dikeluarkan oleh polsek setempat. Kalau misalnya surat lapor kehilangan mesti merogoh kocek 20 ribuan. Maka anda sudah bisa memperkirakan seluruh biayanya. Tetapi agan agan jangan hanya terpaku pada biaya dan prosedur saja. Namun cobalah memikirkan hal lain yang tidak terduga. Jangan sampai sudah beli plat aspal, namun masih ke tilang juga.

Apakah kendaraan plat merah bisa di ubah menjadi palt hitam. Secara resmi hal tersebut merupakan suatu pelanggaran. Namun tidak tertutup kemungkinan penggantian warna plat ini dilakukan oleh beberapa oknum. Namun demikian tentu menjadi hal berbeda jika misalnya kendaraan pemerintah plat merah ini sudah ganti pemilik atau di jual. Jika hal ini yang terjadi tentu ada prosedur khusus dan mesti secepatnya melakukan balik nama kendaraan. Soal biaya ganti plat nomor merah ke hitam, maka tentunya tidak berbeda seperti prosedur resmi dan biaya balik nama kendaraan. Dalam beberapa atahun belakangan ini BPKB sudah banyak berubah. kalau sebelumnya tercantum pemilik sebelumnya. Maka saat ini langsung dikeluarkan buku BPKB baru, sehingga pemilik sebelumnya tidak tercantum lagi. Tentu saja hal ini ada kelebihan maupun kelemahannya.

plat nomor kendaraan

Salah satu kelemahan yang belum begitu dipahami oleh masyarakat. Khususnya bagi mereka yang akan melakukan pembelian kendaraan bekas baik itu mobil maupun sepeda motor. Keadaan ini merupakan kesempatan dan trik jitu para penjual kendaraan bekas. Sehingga sering kita mendengar mobil ini atau motor itu milik tangan pertama. Padahal sebenarnya sudah ganti pemilik beberapa kali. Karena setiap ganti pemilik selalu dibarengi dengan penggantian BPKB baru, maka seakan akan terlihat sebagai pemilik pertama. Dengan demiian perlu sedikit hati hati dan waspada ajika ingin membeli mobil atau motor bekas. Mendingan untuk antisipasi baca dahulu cara membeli mobil bekas

Bagaimana prosedur resmi ganti plat nomor kendaraan. Pada hakekatnya cara ganti plat nomor kendaraan bisa dibilang sangat mudah dan gampang. Selama kendaraan anda tidak bermasalah dan BPKB ada di tangan bisa anda urus sendiri dan hanya memerlukan waktu beberapa puluh menit saja dan kurang dari satu jam. Apalagi saat ini sudah banyak samsat yang menerapkan sistem online yang tentunya lebih mempermudah semua prosedur dan sistem kerja. Sehingga pihak Samsat bisa sangat mudah dimana BPKB kendaraan anda berada. Nah tata cara perpanjangan STNK maupun prosedur ganti plat nomor kendaraan bisa anda baca dengan jelas dan lengkap di cara ganti plat nomor kendaraan