Home / TIPS DAN TRIK / Untung rugi menggunakan jasa asuransi mobil untuk kendaraan anda

Harga mobil bekas toyota semua tipe dan jenis

Untung rugi menggunakan jasa asuransi mobil untuk kendaraan anda

Menggunakan jasa asuransi mobil merupakan layanan wajib bagi pembeli kendaraan dengan sistem kredit. Dengan demikian keamanan mobil kredit dari segala bentuk kerusakan akan ditanggung oleh pihak asuransi. Namun demikian pada kenyataannya segala bentuk kerusakan tidak ditanggung pihak asuransi. Hal ini disebabkan oleh jenis jasa asuransi apa yang akan anda ambil. Seperti diketahui bahwa pada dasarnya ada 2 jenis asuransi induk yakni asuransi mobil All Risk atau asuransi Comprehensive dan asuransi mobil TLO ( Total Loss Only ), serta ada jenis asuransi tambahan yang merupakan penggabungan dari pada asuransi All Risk dan TLO.

Seperti diterangkan di atas bahwa pengambilan jenis jasa asuransi mobil merupakan layanan wajib yang diambil oleh pihak leasing sesuai dengan kredit mobil anda. Jadi anda tidak punya pilihan lain tentang hal ini. Seperti saat anda ambil mobil baru dengan sistem kredit maka pihak leasing akan langsung mendukung dengan asuransi All Risk. Demikian juga saat anda kredit mobil bekas, maka biasanya juga langsung sepaket dengan asuransi TLO. Hal demikian demi kepentingan pihak leasing atau pemberi kredit agar supaya angsuran anda tetap lancar. Namun perlu juga diketahui bahwa asuransi mobil anda akan berakhir sesuai dengan jangka waktu kredit saja.

Lantas apa saja sih pertanggungan asuransi mobil All Risk dan TLO. Bagi pemilik kendaraan yang masih dalam jangka pengembalian sudah seharusnya paham tentang jenis asuransi mobil ini. Supaya nantinya tidak tumpang tindih saat melakukan komplain asuransi mobil. Banyak kejadian penolakan penggantian atau perbaikan kerusakan mobil yang disebabkan oleh pemilik mobil tidak paham dan mengerti tentang jenis kerusakan yang diganti. Untuk lebih jelasnya silahkan pelajari di seluk beluk asuransi mobil

Selain kedua jenis asuransi di atas, masih ada lagi beberapa jenis asuransi pelengkap yang bisa anda ambil. Namun demikian sudah tentu jenis asuransi mobil tambahan ini akan menjadi beban tambahan. Timbulnya asuransi mobil pelengkap ini akibat semakin kompleksnya permasalahan kerusakan mobil. Seiring dengan kemajuan jaman, maka kerusakan kendaraan bukan hanya akibat kecelakaan dan kemalingan saja. Namun juga merambah ke masalah sosial lainnya, seperti akibat banjir, tertimpa pohon tumbang, bahkan masih bisa juga mengajukan klaim asuransi akibat binatang. Berikut beberapa jenis asuransi pelengkap yang mungkin anda butuhkan, seperti : Personal Injury Protection, Motorist Protection, Liability Insurance, Comprehensive Coverage, dan Collision Coverage. Yuk mengenal lebih lanjut semua jenis asuransi mobil tersebut.

Personal Injury Protection : Merupakan asuransi pelengkap saat terjadi kecelakaan. Jika pada umumnya asuransi mobil hanya memberikan penanggungan pada kerusakan dan penggantian kendaraan saja. Lain halnya dengan asuransi mobil dengan kelengkapan tambahan yakni personal injury protection. Bahkan bukan hanya penggantian kerusakan mobil saja, namun juga mengganti biaya pengobatan / rumah sakit bagi para penumpangnya.

jasa asuransi mobil

Motorist Protection : Jenis asuransi mobil yang satu ini sebagai pelengkap asuransi mobil. Sehingga saat terjadi kecelakaan, maka bukan saja kendaraan yang rusak yang mendapatkan perbaikan atau penggantian, namun juga pengemudi juga mendapatkan perawatan serta biaya untuk pengobatan. Jadi asuransi jenis Motorist Protection menitikberatkan pada keselamatan pengemudinya.

Liability Insurance : Bisa dibilang asuransi jenis Liability Insurance ini tidak jauh berbeda dengan asuransi Motorist Protection yakni memberikan perlindungan terhadap kendaraan dan penumpangnya. Namun demikian tentunya ada batas maksimal pertanggungan, sehingga jika biaya terlewati dari batas maksimal pertanggungan, maka selisihnya menjadi tanggung jawab peserta asuransi.

Comprehensive Coverage : Inilah jenis asuransi mobil paling istimewa dan lengkap. Bahkan nilai pertanggungan tidak hanya akibat kecelakaan saja, namun juga bisa diakibatkan oleh penyebab lainnya, seperti bencana alam, huru hara, dan lainnya. Namun demikian biasanya biaya yang anda keluarkan bisa cukup mahal.

Collision Coverage : Jenis asuransi ini hanya akan ditanggung jika anda berada di dalam mobil dan diakibatkan oleh kamu sendiri. Apabila kecelakaan ini mengakibatkan mobil yang kamu miliki hancur dengan biaya perbaikan mobil yang melebihi nilai mobil sendiri, maka asuransi ini dapat menanggung nilai kendaraan. Hanya saja mungkin asuransi ini tidak terlalu bermanfaat jika mobil kamu termasuk mobil lama atau tua karena asuransi ini tergantung nilai mobil anda. Tetapi, jika mobil kamu masih tergolong mobil baru atau tergolong mobil mahal maka asuransi ini cocok banget untuk kamu gunakan.

Asuransi mobil menjadi hal yang sangat berguna dan mampu meringankan beban anda. Namun di sisi lain justru merupakan pemborosan yang harus anda tanggung untuk biaya tambahan. Dengan demikian anda mesti berfikir untuk menimbang untung ruginya. Seperti halnya jika mobil selalu berada di jalan raya karena kepentingan bisnis, maka ikut salah satu asuransi mobil menjadi hal yang mesti anda pikirkan, karena musibah kecelakaan bisa datang kapan saja. Namun sebaliknya jika mobil justru banyak nongkrong di garasi maka masih perlukan membayar premi asuransi.

Hal lain yang harus anda ketahui adalah perihal pengajuan klaim asuransi. Pada banyak kasus terjadi perselisihan antara pemilik kendaraan dan pihak asuransi karena klaim gagal. Untuk itu pelajari dengan seksama peraturan dan tata cara klaim asuransi anda. Pahami apa saja yang menjadi hak anda atas klaim asuransi.

sumber rujukan : https://distributorbanradial.com/kendaraan/sebaiknya-memilih-jenis-asuransi-all-risk-atau-tlo/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don`t copy text!