Home / TIPS DAN TRIK / Tips cara aman perpanjang STNK kendaraan tanpa BPKB

Harga mobil bekas toyota semua tipe dan jenis

Tips cara aman perpanjang STNK kendaraan tanpa BPKB

Bagaimana cara perpanjang kendaraan tanpa BPKB, apakah bisa dan aman. Berikut tips dan trik lengkap cara aman dan sesuai prosedur memperpanjang kendaraan bermotor baik mobil maupun motor di SAMSAT tanpa membawa BPKB. Seperti diketahui bahwa BPKB merupakan persyaratan mutlak saat melakukan perpanjangan pajak kendaraan mobil dan motor. Namun bisa saja terjadi saat tiba waktu perpanjangan ternyata BPKB tidak berada di tempat. Keadaan demikian bisa saja terjadi dan anda alami. Namun tidak perlu bingung jika anda memang tidak pernah melakukan hal yang bertentangan dengan hukum.

Ada beberapa penyebab sehingga BPKB mobil atau sepeda motor anda tidak berada di rumah. Meskipun demikian bukan berarti anda tidak bisa melakukan perpanjangan kendaraan. Prosedur pembayaran pajak kendaraan bermotor anda tetap bisa dilayani dengan baik oleh pihak SAMSAT. Dan perpanjang STNK tanpa BPKB tetap bisa anda lakukan, jadi tidak perlu ragu ragu untuk tetap melakukan prosedur resmi memperpanjang pajak kendaraan. Selama anda tidak melakukan hal hal berikut :
⇔Membeli kendaraan tanpa dilengkapi BPKB
⇔Melakukan tindak kejahatan, perampasan kendaraan
⇔Sengaja membeli kendaraan curian
⇔Dan bentuk kejahatan kendaraan bermotor lainnya

Pada hakekatnya pihak SAMSAT akan mempermudah prosedur perpanjangan kendaraan bermotor, selama tidak melakukan pelanggaran dalam bentuk apapun. Hal yang paling sering terjadi adalah BPKB kendaraan berada di pihak bank leasing, karena membeli mobil maupun motor secara kredit. Namun bisa juga terjadi karena mengalami musibah, seperti hilang atau musibah kebakaran. Jika hal ini yang terjadi, maka cepat cepatlah buat laporan ke polsek untuk mengurus pembuatan BPKB pengganti. Cukup mudah kok, tinggal lapor ke polsek terdekat dan anda akan mendapatkan keterangan kehilangan sebagai bekal untuk ganti BPKB baru.

BPKB ada di leasing, wow bablas saja langsung ke SAMSAT dan membawa persyaratan perpanjangan kendaraan yang ada, seperti KTP asli dan STNK asli tentunya. Ada hal yang perlu digaris bawahi, kenali dahulu apakah sistem online sudah diterapkan di SAMSAT tempat anda akan melakukan perpanjangan. Jika memang sudah menerapkan sistem online, maka anda bisa langsung melakukan kepengurusan tanpa harus meminta surat sakti dari leasing. Namun jika SAMSAT belum menerapkan sistem online, maka saya sarankan untuk minta surat kuasa yang dikeluarkan oleh pihak leasing. Karena anda pastinya tidak bisa pinjam BPKB di leasing, meskipun hanya beberapa jam saja. Lihat juga harga mobil sedan bekas

Perlu diketahui bahwa dalam beberapa tahun belakangan ini beberapa Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap atau lebih dikenal sebagai SAMSAT di Indonesia sudah mulai menerapkan sistem online. Hal demikian bisa terdeteksi dengan semakin banyaknya pelayanan pembayaran STNK secara online melalui ATM. Beberapa SAMSAT yang telah menerapkan sistem online, seperti : samsat online tangerang, banten, jawa barat, jambi, jatim, jateng, jakarta timur, jakarta, bandung, bogor, dan samsat keliling daerah lainnya. Samsat keliling ini berhubungan langsung dengan sistem di SAMSAT pusat masing masing. Sehingga data bisa di transfer langsung. Meskipun demikian anda tetap harus melangkah ke kantor SAMSAT untuk tukar SKPD asli.

perpanjang STNK kendaraan

Dengan diberlakukannya sistem online di kantor SAMSAT, maka keberadaan BPKB anda dapat dideteksi dengan mudah. Apakah BPKB kendaraan anda ada di rumah, kehilangan, atau berada di leasing bisa diketahui dengan pasti oleh petugas SAMSAT. perlu perlu juga diketahui bahwa kendaraan kredit baik itu mobil dan motor semua terdaftar di BI dan instansi terkait termasuk SAMSAT. Sehingga saat melakukan perpanjangan kendaraan bermotor tanpa membawa BPKB asli akan tetap aman dan tanpa masalah. Namun demikian anda harus melengkapi persyaratan lainnya.

Sebagaimana diketahui bahwa persyaratan untuk bisa melakukan perpanjangan kendaraan bermotor adalah BPKB asli, STNK asli, dan KTP asli. Nah khusus untuk KTP dan STNK tidak bisa ditawar tawar lagi harus ada, sedangkan BPKB masih bisa tanpa BPKB. Sebelum melakukan perpanjangan kendaraan baik mobil maupun motor. Ikuti prosesnya secara lengkap di Prosedur Perpanjang STNK dan ganti plat nomor mobil dan motor

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don`t copy text!