Home / TIPS DAN TRIK / Kapan spooring dan balancing ban mobil anda diperlukan

Kapan spooring dan balancing ban mobil anda diperlukan

Banyak pemilik mobil belum paham tentang spooring dan balancing. Perlu diketahui bahwa spooring dan balancing termasuk dalam perawatan mobil yang cukup penting. Kenyamanan dalam berkendara tidak akan terwujud jika anda melupakan spooring dan balancing ban mobil anda. Jika demikian kapan sebaiknya wajib melakukan spooring atau balancing mobil anda. Tentu saja mesti dipahami dahulu makna dan arti dari spooring dan balancing. Sehingga nantinya perawatan mobil anda tepat sasaran. Banyak orang bilang bahwa saat melakukan spooring mesti juga sekalian balancing. Pada kenyataannya tidak demikian, karena sebenarnya antara spooring dan balancing merupakan perbaikan mobil yang berbeda, meskipun masih berhubungan erat.

Awas hati hati jangan melakukan spooring dan balancing ban di sembarang tempat. Pekerjaan spooring dan balancing harus dikerjakan oleh mereka yang sudah ahli dibidangnya. Tidak semua bengkel mpbil mampu melakukan spooring dan balancing ban secara benar. Pengerjaan spooring mobil harus di dukung oleh sistem program komputer. Meskipun bisa dikerjakan secara manual, namun hasilnya jauh dari sempurna. Demikian juga dengan balancing ban mobil juga mesti menggunakan teknologi yang memadai. Tentunya semua itu berkaitan erat dengan biaya yang harus anda keluarkan. Jangan kuatir ongkos spooring dan balancing bisa dibilang sangat murah. Lantas berapa biaya spooring dan balancing.

Sebagai info penting bahwa harga spooring dan balancing tidak bisa dijadikan satu. Sebab kadang kala anda hanya perlu melakukan spooring saja tanpa harus balancing ke empat ban mobil, jadi biaya lebih murah. Meskipun demikian harga spooring ban mobil tidak selalu sama pada setiap mobil. hal ini tergantung jenis mobil dan kerusakannya. Untuk kerusakan ringan dan tidak membutuhkan penggantian apapun dan hanya penyetelan saja, maka biayanya sangat murah. Seperti harga spooring mobil toyota fortuner akan dikenakan biaya sebesar 150 ribuan. Namun mobil Terios dan sejenisnya hanya sekitar 100 ribuan. Harga semurah itu merupakan harga jasa bengkel spooring dan balancing mobil besar dan merupakan harga net ( standar ). Namun jika anda melakukan spooring dan balancing di bengkel biasa justru akan dipatok harga lebih besar.

Berbeda dengan balancing mobil. Maka tarip jasa dibebankan pada setiap ban. Pada balancing normal, ada penambahan logam satu atau dua, biasanya sih hanya membayar sekitar 40 ribuan untuk setiap ban. Meskipun demikian biasanya mobil sangat jarang melakukan balancing. kecuali tempelan logam pada peleg terlepas. Sebagai informasi penting, bahwa balancing ban mobil biasanya sudah satu paket saat anda ganti ban mobil. Jadi setiap penggantian ban mobil baru sudah sekalian dilakukan balancing. Saya sarankan untuk ganti ban mobil 2 sekaligus baik depan maupun belakang. Selalu percayakan perawatan mobil anda di bengkel bengkel besar yang telah mempunyai pengalaman dan kondite terbaik.

Lantas dimana sebaiknya anda melakukan spooring dan balancing. Fasilitas spooring dan balancing mobil biasanya disediakan oleh toko ban. Namun tidak semua toko ban mobil memiliki fasilitas spooring dan balancing. Untuk hasil terbaik sebaiknya anda mempercayakan penggantian ban mobil dan melakukan spooring pada toko ban besar dengan fasilitas komputer. Dan salah satunya yakni lautan ban yang cukup apik dan bertanggung jawab, bahkan bergaransi. Atau mungkin saja tidak ditemukan di kota tempat tinggal anda. Sebetulnya acukup mudah kok. Biasanya yang banyak langganannya maka itulah yang terbaik. Lantas apa sih sebenarnya spooring dan balancing mobil itu, yuk kita bahas selengkapnya.

Spooring dan balancing mobil

spooring dan balancing ban

Spooring artinya pelurusan laju kendaraan artinya saat mobil bergerak maju lurus maka posisi setir mobil juga dalam keadaan lurus. Jadi antara gerak maju mobil berbanding lurus dengan posisi kemudi mobil. Kesimpulannya ke empat ban kendaraan harus dalam posisi lurus saat mobil bergerak maju kedepan. Lantas kapan mobil anda harus melakukan spooring. Nah jika mobil anda mengalami salah satu dari gejala berikut, maka sebaiknya anda melakukan spooring secepatnya.

Saat posisi setir mobil lurus ke depan, maka laju mobil anda belok ke kiri atau ke kanan.
Saat anda belok, maka posisi setir tidak bisa kembali ke posisi netral atau lurus ke depan.
Putaran setir mobil anda terasa lebih berat dari biasanya.
Terdengar bunyi berderit saat anda berbelok, namun bisa juga karena bukan spooring ( tetapi setir kotor atau berkarat )
Salah satu kembang ban mobil anda terkikis, sementara ban lainnya masih bagus ( khususnya ban roda depan )

Balancing artinya putaran ban stabil dengan keseimbangan sempurna. Ciri ciri ban mobil yang perlu di balancing kembali cukup khas dan sangat mudah di deteksi. Hal mana cukup terasa saat anda melaju di jalan bebas hambatan atau jalan tol. Mobil terasa melewati jalanan rusak padahal jalan yang anda lalui rata. Semakin kencang laju mobil anda, maka getaran akan semakin terasa. Saat itulah anda mesti melakukan balancing mobil kembali. Ketidakseimbangan putaran ban mobil ini juga bisa disebabkan karena adanya kerusakan pada peleg mobil karena benturan. Atau bisa juga disebabkan oleh logam keseimbangan terlepas.