Awas harga mobil bekas murah saat musim banjir

Stop beli mobil bekas harga murah saat musim banjir. Sebaiknya tahan dulu rencana membeli mobil seken dari daerah rawan banjir. Banyak kendaraan di jual setelah terendam banjir. Bahkan bukan hanya mobil bekas terendam banjir saja yang mesti anda waspadai. Meskipun kendaraan yang di jual jauh dari daerah banjir. Bisa saja terjadi sebab digunakan untuk menerjang banjir sehingga mogok. Justru inilah yang memerlukan perhatian ekstra, karena banyak yang terkecoh. Pada saat demikian biasanya hiruk pikuk jual beli mobil bekas menjadi lebih tenang.

Secara kasat mata mobil bekas terendam banjir dengan mobil yang tidak kebanjiran nyaris sama, baik dari tampilan maupun interiornya. Namun jika anda teliti lebih dalam dan mengamati lebih seksama maka akan banyak ditemukan sisa sisa yang tidak mudah dihilangkan. Sebab kendaraan bekas kebanjiran tidak akan bisa dipulihkan seperti sedia kala. Pasti ada sisa sisa yang tidak terjangkau oleh pemiliknya, sehingga terdapat bercak lumpur di sana. Ada satu hal yang sangat sulit dihilangkan yakni BAU, sebab dengan semprotan pewangi apapun bekas bau dalam mobil khas banjir sangat sulit hilang, kecuali setelah beberapa minggu atau lewat bulan.

Seperti diketahui bahwa perbaikan kendaraan yang rusak akibat terendam air banjir bisa menghabiskan dana yang cukup besar. Terlebih pada mobil mobil yang sudah menerapkan sistem ICU. Disamping itu komponen kellistrikan kendaraan juga rawan rusak jika tidak langsung dibersihkan secara maksimal. Kerusakan tidak berhenti di situ saja. Bisa dibilang semua komponen mobil baik itu spare part hingga sistem pergerakan juga ikut terdampak. Oleh sebab itu bagi anda yang kebetulan mobilnya terendam banjir, tentunya akan jauh lebih baik panggil montir ke rumah dan bareng bareng membersihkan dan mengganti yang rusak. jangan tunggu waktu lama. Saat itu juga harus segera dikerjakan.

Perlu dimengerti kenapa disarankan untuk mengerjakan sendiri dengan montir bengkel mobil. Sebenarnya cukup sederhana alasannya. Jika kendaraan anda derek dan dipercayakan pada bengkel perawatan mobil. Maka belum tentu kendaraan anda langsung dikerjakan, karena disana sangat mungkin banyak mobil mobil yang juga bernasib sama. Sehingga mobil anda mesti tunggu antrian. Dan hal ini sebuah malapetaka yang tidak bisa dianggap enteng. Kerusakan akan bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Jika sudah keburu kering, maka akan semakin sulit dibersihkan.

Sudah bisa di duga dan mungkin termasuk dalam pemikiran anda sendiri. Bahwa setelah kendaraan sehat kembali, tentunya akan di jual dengan cepat. Bahkan di jual di bawah harga pasaran juga akan dilepas. Meskipun sebenarnya pemilik mobil ini akan menderita kerugian yang cukup besar. Karena harus membayar biaya servis dan perbaikan serta penggantian spare part yang tentunya cukup besar. Namun menjual mobil bekas banjir secepatnya dengan harga dibawah pasaran jauh lebih baik dari pada digunakan lagi. Sebab seiring dengan waktu mobil bekas banjir akan terus mengalami kerusakan.

mobil terendam banjir

Berikut ada sedikit saran bagaimana membersihkan mobil bekas terendam banjir. Jangan menunggu waktu lama, begitu kendaraan anda sudah berada di tempat aman, maka segeralah lakukan pembersihan secara maksimal. Jika anda melakukan sendiri cobalah dibantu oleh teman atau keluarga sehingga kerjaan cepet beres. Inilah cara membersihkan kendaraan bekas banjir, tentunya tergantung dari seberapa tinggi mobil anda terendam. yuk mulai eksekusi mobil kesayangan yang terendam banjir atau tergenang air sehingga menyebabkan kerusakan ( saya anggap mobil anda terendam hingga ke dalam dashboard ) :

Persiapkan peralatan yang dibutuhkan
⇒Pompa tekanan tinggi atau apapun peralatan anda yang bisa menyemprot kencang
⇒Sabun pembersih kotoran cair, seperti sabun mobil, pencuci piring, namun jangan gunakan sabun colek atau detergen karena membekas
⇒Sediakan juga kuas dengan ukuran 3cm
⇒Jangan lupa lap lembut
⇒Semprotan untuk sabun pembersih ( gunakan semprotan pewangi baju seterikaan )
⇒Kunci kunci lengkap

Tahap demi tahap membersihkan mobil terendam banjir
⇒Lepas semua jok mobil baik di ruang kemudi hingga kursi penumpang
lepas dan copot accu / aki mobil
⇒Bagaimanapun caranya lepas juga semua karpet mobil anda
⇒Tutup rapat bagian bagian yang tidak terendam ( blower AC, dashboard, dan lainnya )
⇒Lakukan penyemprotan secara maksimal ke semua bagian kendaraan, baik di luar maupun di dalam dashboard.
⇒Jangan ragu untuk masuk ke kolong kendaraan.
⇒Semprot juga bagian kap depan ( paling penting dan riskan )
⇒Setelah semua bagian disemprot dan pastikan nggak ada yang terlewat
⇒Gunakan sabun pembersih, anda bisa menggunakan lap lembut, kuas, dan juga semprotan. tergantung posisi yang akan dibersihkan.
⇒Semprot kembali hingga benar benar bersih.
⇒Sudah selesai, wow ternyata belum gan

⇒Keringkan semua bagian bagian kendaraan dengan hair dryer
⇒Untuk menghilangkan bau bagian dalam mobil bisa menggunakan bubuk kopi, namun jangan lupa bersihkan ( sedot ) kembali ya
⇒Ganti semua cairan mobil, seperti : minyak rem, oli mesin, oli transmisi, air radiator, air wiper, dan oli gardan.
⇒Lepas semua ban mobil dan bersihkan bagian pengereman, jika perlu sekalian ganti ban mobil
⇒Dan hal hal lain yang diperlukan
⇒Oh ya biarkan pintu mobil terbuka supaya bau pengap cepat hilang

Nah setelah sesi pembersihan selesai sebaiknya lakukan beberapa cek and ricek sebelum menyalakan mesin mobil
⇒Pasang accu mobil dengan benar dan amati sambungan sambungan kabel kelistrikan
⇒Pastikan tidak ada konsleting / korsleting kabel, coba amati adakah kabel yang panas
⇒Masukkan stop kontak dan jangan dihidupkan mesin mobil
⇒Amati perubahan yang terjadi dan pastikan semua lampu sensor hidup dan berfungsi.
⇒Jika ada yang tidak beres perbaiki atau ganti
⇒Coba hidupkan mesin mobil dan biarkan dalam putaran langsam

Tentu saja setelah kendaraan habis kebanjiran tidak akan kembali seperti sedia kala. Pastinya ada saja bagian bagian yang terdampak. Untuk itu panaskan mesin mobil dalam jangka waktu cukup lama. Lantas geser geser gigi porsneleng untuk memastikan tidak ada bunyi berderit di sana.

Namun demikian jika memang kebutuhan akan mobil tidak bisa di tunda karena keperluan penting. Maka kewaspadaan dan ketelitian maksimal perlu anda terapkan, sehingga nantinya anda mendapatkan mobil benar benar bukan bekas banjir. Namun demikian ada ciri ciri khusus yang sangat khas kendaraan bekas kebanjiran atau terendam air. Berikut tanda tanda dan ciri ciri khusus mobil habis terendam banjir :

Tentu saja setelah kendaraan habis kebanjiran tidak akan kembali seperti sedia kala. Pastinya ada saja bagian bagian yang terdampak. Untuk itu panaskan mesin mobil dalam jangka waktu cukup lama. Lantas geser geser gigi porsneleng untuk memastikan tidak ada bunyi berderit di sana.

⇒Banjir menyisakan bau khas yang tidak mudah hilang
⇒Coba teliti bagian bagian terselip yang sangat mungkin masih terdapat sisa lumpur di sana.
⇒Cobalah curiga jika karpet mobil diganti dengan yang baru
⇒Mesin mobil biasanya susah langsam dan suara mesin tidak mulus
⇒Jangan percaya penjual karena mereka pasti bilang bukan bekas banjir
⇒Dijual dengan harga pasaran, namun bisa di tawar serendah mungkin

Leave a Reply

Your email address will not be published.